Welcome

Friday, December 30, 2011

Perbandingan 5 Web Browser

Friday, December 30, 2011



Sekarang ini seiring perkembangan zaman teknologi banyak web browser yang ada saat ini, bisa dikatakan browser Opera, Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, dan Safari adalah browser yang paling banyak digunakan oleh banyak user. Saya akan mencoba me-review keunggulan dan kekurangan masing-masing browser karena saya tahu Anda sebagai browser ingin mencari yang terbaik untuk mendapatkan yang terbaik pula, berikut reviewnya:
1. Google Chrome dan Opera termasuk yang paling ringan dan paling banyak diminati. (tdw club)
2. Jika Anda adalah user uang mengunakan kuota dalam berinternet kami sarankan pakai Opera karena Opera sudah mengkompres halaman situs tersebut serta pemanggilan cachenya lebih cepat dibandingkan dengan browserlain sehingga hemat waktu dan kuota. (tdw club)
3. Jika Anda tipical orang yang suka download mendingan pake Mozilla Firefox, sebab firefox sudah terintegrasi sama IDM terlebih add-on flashgot dan down them all. (tdw club)
4. Tetapi tahukah Anda bahwa pengguna internet dunia telah pernah menggunakan Internet Explorer , yaaa .. karena pengguna sistem operasi di dunia kebanyakan adalah menggunakan OS Windows yang ketika diinstal maka didalamnya terdapat juga browser Internet Explorer . (AnneAhira.com)
  • Perbandingan Kekurangan dan Kelebihan Dari 5 Web Browser Internet
MOZILLA FIREFOX



Browser open source kebanggan Mozilla Foundation ini merupakan penerus dari browser Netscape Navigator yang memiliki engine Gecko. Juga bermesinkan Firefox TraceMonkey untuk javascript renderernya. Kehadirannya sebagai alternatif Microsoft Internet Explorer yang hampir menguasai pasar browser dunia saat versi 1.0 firefox ini dirilis di November 2004. Tentu saja browser ini menjadi sangat digemari karena akses ke source codenya yang dibuka dan orang-orang pun bisa berpartisipasi dalam pengembangan browser ini.
Fitur unggulan dari firefox yang paling utama adalah tersedianya ribuan add-ons yang siap bongkar pasang mengkostumisasi firefox anda sesuai dengan fungsi yang ingin ditambahkan. Karena sourcenya yang terbuka sehingga membuat para developernya di seluruh dunia bisa dengan cepat menutup celah keamanan yang ditemukan.
Di atas adalah firefox bersi 3.6 yang sudah saya kostumisasi dengan Personas dan New Tab King.
Kelebihan:
  • Add-ons yang sangat banyak tersedia secara gratis.
  • Cocok untuk situs-situs multimedia seperti youtube.
  • Keamanan yang terus terjaga walaupun tak menutup kemungkinan masih ada celah yang ditemukan.
  • Update yang terintegrasi dan mudah
  • Sistem security kuat
Kekurangan:
  • Start up yang lumayan lama apalagi jika sudah banyak add-ons yang terinstall
  • Jujur saja untuk merender javascript firefox masih kalah cepat dengan Google Chrome, Safari, dan Opera
  • Kadang-kadang bisa crash tiba-tiba karena management memory yang kurang baik

Versi 3.6 terbaru yang baru saja rilis sudah diklaim semakin cepat 20% dari versi sebelumnya dan sudah lebih baik dalam merender javascript (segera update bagi yang belum). Meskipun belum sepenuhnya bisa menggunakan seluruh element dan selector HTML 5 dan CSS 3, browser ini sudah mensupportnya semenjak versi 3.5.

Google Chrome


Browser andalan milik raksasa iklan Google ini sebenarnya memulai debutnya dari engine Webkit yang sama-sama dikembangkan oleh Apple, KDE, Nokia, RIM, Palm, dan Google sendiri. Menggunakan V8 JavaScript Engine yang memang membuat Chrome menjadi tercepat dalam mengeksekusi javascript. Jika anda tertarik untuk membaca history dari Google Chrome .
Saya sendiri menggunakan versi developer channelnya karena selalu di update dan selain itu anda akan bisa merasakan fitur terkini dari google chrome yaitu chrome extension (bisa dilihat di skrinsut Google Chromenya di jajaran sudut kanan atas). Yang pasti karena open source project maka anda juga bisa berpartisipasi untuk mengembangkan engine atau membuat extensionnya.. Juga terkadang efek CSS 3 yang sudah bisa ditanganinya dengan baik kecuali @font-face yang masih belum di dukung oleh chrome (kecuali versi developer channel, sudah support).
Kelebihan:
  • Fitur extensionnya yang sudah mulai banyak walaupun tak sebanyak firefox.
  • Startup yang sangat cepat. Pengalaman saya mencoba menyalakan semua browser pada Win 7 komputer saya dan hasil yang saya dapati adalah google chrome yang paling tercepat startup. Firefox paling terakhir (mungkin terlalu banyaknya add-ons yang saya gunakan
  • Management memori yang terpisah untuk setiap tabnya. Jadi jika ada satu tab yang crash maka anda tak perlu menutup semua tab dan hanya meng-end task tab yang crash tersebut. Sangat bertolak belakang dengan firefox
  • Keamanan tinggi terbukti pada ajang Pwn2Own contest, google chrome menjadi browser yang belum berhasil dibobol.
  • Desain simple dan minimalis
  • Update mudah
Kekurangan:
  • Jika menggunakan versi stable nya maka anda tidak akan merasakan experience dalam menggunakan fitur extensionnya.
  • Installer online sehingga anda harus terhubung dengan internet saat ingin menginstallnya. Walaupun ada offline installer tapi biasanya sering mengalami error saat melakukan update engine.
Overall google chrome bisa anda jadikan sebagai alternatif browser yang handal mengingat sekarang chrome berada pada peringkat tiga dalam perang browser terpopuler. Untuk web developer google chrome juga sudah memiliki extension yang bisa membantu kerja anda walaupun belum sehandal add-ons firebug dan web developer tools di firefox. Dan saya juga menyarankan anda jika berniat menggunakan chrome pakailah versi dev channelnya agar selalu terupdate dengan teknologi dan patch terbarunya.

Safari


Kalau browser yang satu ini sudah pasti menjadi andalannya Apple yang disertakan dalam penjualan Macintoshnya. Berselancar dengan safari memang sangat menyenangkan jika langsung dilakukan pada mesin Apple seperti MacBook. Memang sudah menjadi ciri khas dari si apel kegigit yang menawarkan tampilan yang sangat memukau tentunya dengan kemampuan yang tak kalah juga. Ditenagai oleh WebKit engine membuat browser ini menjadi salah satu browser populer di dunia.
Satu yang saya sukai dari safari adalah kecepatannya membuka halaman situs. Entah perasaan saya saja baik itu saya coba di Windows ataupun di OS X langsung, memang terasa lebih cepat jika membuka halaman situs di safari. Dan setelah saya usut ternyata Nitro Engine pada safari veris 4 itulah yang menyebabkannya memiliki gelar the world's fastest web browser. Jadi memang bukan karena perasaan saya sahaja. Safari juga menggunakan engine SquirrelFish yang telah di uji melalui SunSpider JavaScript Benchmark memiliki nilai yang lebih baik dari brower yang lain. Tak heran semua elemen HTML 5 dan CSS 3 dapat berjalan dengan baik di browser safari ini.
Kelebihan:
  • Membuka halaman situs lebih cepat.
  • Bookmark yang menarik seperti tampilan iTunes.
  • Fitur iSync yang bisa mensinkronisasi bookmark safari anda dengan safari iPhone Anda.
  • Tampilan homepage yang atraktif dengan Top Sites dengan animasi Cover Flow.
  • Fitur snapback untuk memutar ulang halaman yang sudah dibuka sebelumnya menjadi lebih cepat.
  • Memecah tab menjadi window sendiri-sendiri.
  • Ada fasilitas untuk memperkecil bandwith .
Kekurangan:
  • Masih terdapat bug dan celah keamanan yang berbahaya, terbukti pada event Pwn2Own contest.
  • Versi windows sedikit berbeda dengan versi OS X (ya maklum memang dirancang untuk OS X).
  • Memakan resource memori yang paling besar dan space instalasi yang lebih besar di banding dengan browser lain (sekali lagi memang dirancang untuk mesin Apple yang high-end).
  • Sering macet (appCrash) pada versi Windows nya.
  • Plug in / Add On sedikit sekali dibandingkan Mozilla Firefox atau Opera .

Opera


Opera merupakan browser yang bisa dibilang ringan dan cepat. Browser yang dikembangkan oleh Opera Software ASA dimulai tahun 1994 ini kini sudah mencapai versi 10. Karena ASA tersebut merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Norwegia maka tak heran hadir fitur terbarunya yang disebut Opera Turbo. Fungsinya adalah mengkompres halaman web yang akan dipanggil sehingga sangat cocok untuk koneksi internet yang tidak terlalu kencang. Tak heran juga kalau versi mobilenya yaitu Opera Mini menjadi browser untuk smartphone yang paling populer saat ini.
Selain Turbo, opera juga menjadi browser pertama yang mengusung tabbed browsing yaitu membuka tab baru dalam satu halaman jendela juga mouse gesture yang kemudian diikuti oleh browser lainnya. Mouse gesture mengintegrasikan gerakan mouse untuk navigasi di browsernya. Opera juga memiliki integrated dowload manager yang bisa memanage seluruh aktifitas download yang anda lakukan melalui opera termasuk mendownload torrent. Opera juga memiliki semacam wigdet yang bisa dikatakan ingin memberi fitur menarik seperti add-ons firefox atau extension chrome tetapi setelah saya mencobanya widget ini lebih terlihat sebagai pelengkap fungsi saja. Tidak benar-benar memberikan fungsi baru seperti add-ons ataupun extension.
Yang paling cool adalah fitur Opera Unite. Opera Unite adalah teknologi baru dari opera yang memungkinkan anda mengupload dan men-share konten secara langsung kepada teman anda tanpa perlu menguploadnya terlebih dahulu ke suatu situs. Opera unite memungkinkan untuk stream musik, photo galleri, sharing dokumen dan folder, file inbox (upload file dari atau ke teman langsung), live messenger, live whiteboard bahkan menghost web anda langsung ke teman dari browser. Anda yang ingin mencobanya ditawarkan untuk memiliki akun opera unite terlebih dahulu dan opera menyediakan space sebesar 10 GB untuk anda.
Kelebihan:
  • Ringan dan cepat.
  • Turbo yang cocok untuk koneksi yang tidak terlalu kencang.
  • Integrasi email client, IRC chat client, notes, RSS reader milik opera dapat memudahkan aktifitas online anda.
  • Komunitas pecinta opera yang selalu setia berkontribusi untuk opera.
  • Sinkronisasi bookmark dan personal info lainnya melalui operalink yang juga bisa disinkronkan dengan opera mini pada handphone.
  • Pemanggilan kembali Cache cepat .
Kekurangan:
  • Terkadang opera mengalami lag ketika merender script pada beberapa halaman situs sehingga agak lambat .
  • Proses update yang mengharuskan mendownload file masternya, berbeda dengan Google Chrome yang hanya mengupdate core-nya saja.

Internet Explorer

Wah yang satu ini pasti sudah tidak asing di telinga anda sekalian khususnya yang berkutat dengan web development akibat ulah browser ini. Deffault browser ber-engine Trident pada sistem operasi Windows ini memang memiliki beberapa history yang tidak bagus dalam pengembangannya akibat banyaknya celah keamanan yang terdapat di dalamnya. Memang tidak versi IE8 yang sekarang sudah lebih baik, namun versi IE6 dan IE7 yang masih banyak memilik inkompatibilitas dengan kemajuan teknologi web sekarang ini. Silakan tanyakan kepada web developer tentang berapa banyak waktu yang mereka buang untuk mem-fix-kan bug yang terjadi pada browser ini

Sejujurnya memang saya sangat-sangat jarang menggunakan browser ini, tetapi ada beberapa fitur yang cukup menarik menurut saya yaitu Accelerator dan Web Slices. Accelerator membantu anda untuk mempercepat proses beberapa task untuk browsing seperti menambahkan peta tanpa harus berpindah ke google maps atau bing maps. Sedangkan web slices memungkinkan anda untuk menandai link atau halaman situs tertentu sehingga jika ada perubahan pada halaman tersebut icon web slices akan berwarna hijau untuk memberi tau anda.

Sementara pihak Microsoft mengembangkan IE9 yang diklaim semakin membaik dari IE8, anda masih bisa menggunakan versi 8 dari internet explorer ini walaupun memang tak saya rekomendasikan

Kelebihan:

-Intergrasi dengan aplikasi windows seperti Office, atau Windows Live.

-Menyediakan add ons, walaupun tidak sebanyak Firefox
-Khusus IE8, tampilannya lebih elegan dan menarik
-Bagi pengguna Windows Live maka akan di manjakan dengan tab bookmark yang terhubung ke fitur-fitur milik Windows Live
Kekurangan:

-Proses update melalui windows update .

-Komponen activeX yang sering kali membuat keamanan browsing anda berkurang .

-Versi lama yang sangat buggy.

-Gagal membaca script di beberapa halaman situs (khusus nya CSS) .
-Berat saat awal start dan saat membuka tab baru .
Berikut merupakan tabel test yang dilakukan oleh Tomshardware.com
Untuk melihat detail masing-masing test yang ditampilkan dalam grafik, silahkan langsung menuju halaman Web Browser Grand Prix 5. Akhirnya, di edisi 5 ini, WBGP memutuskan bahwa sang juara adalah Google Chrome 12.
Setelah Google Chrome menduduki peringkat pertama, selanjutnya peringkat kedua diduduki oleh Internet Explorer 9 baru kemudian di ikuti oleh Firefox 5 (meskipun peringkat 2 dan 3 ini masih bisa menjadi perdebatan). Peringkat terakhir diduduki oleh Safari 5. Dengan adanya grand prix ini, cukup membantu kita untuk memilih web browser utama yang akan kita gunakan. Meskipun kadang banyak faktor lain yang menjadi pertimbangan untuk memilih web browser.
Informasi selengkapnya : Web Browser Grand Prix 5



Referensi :


0 comments:

Post a Comment